Pengertian Dari Komunikasi

Dalam sehari-hari, komunikasi sering dilakukan oleh manusia untuk bersosialisasi. Komunikasi secara verbal (lisan) terjadi pada saat seseorang dengan orang lain saling menyampaikan pesan , Jika seseorang berada dalam jarak yang jauh komunikasi bisa tetap di lakukan dengan berbagai cara , misalnya dengan mengirim pesan elektronik atau dengan surat menyurat . inti dari komunikasi yaitu proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang dengan orang lain. Pengertian Komunikasi merupakan suatu proses ketika seseorang dengan orang lain saling menyampaikan informasi dari satu pihak ke pihak lain atau banyak pihak agar dapat terhubung dengan lingkungan di sekitarnya.

Pada dasarnya, komunikasi dilakukan secara verbal oleh kedua belah pihak agar dapat dimengerti. Komunikasi dapat terjadi apabila ada persamaan antara penyampaian pesan dengan penerima pesan. Tanpa adanya bahasa verbal antara kedua belah pihak, komunikasi masih dapat digunakan dengan pergerakan badan dan menunjukkan sikap(isyarat tubuh) tertentu, seperti menggelengkan kepala, mengangkat bahu dan tersenyum. Cara ini biasanya disebut sebagai komunikasi nonverbal.  Sumber http://isma-ismi.com/pengertian-komunikasi.html

 

Pengertian Komunikasi menurut para ahli

  • William J. Seller menyatakan bahwa Pengertian Komunikasi adalah proses dimana simbol verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima dan diberi arti.
  • Raymond Ross menyatakan bahwa  Pengertian Komunikasi adalah proses menyortir, memilih dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu pendengar membangkitkan respons/ makna dari pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.
  • Carl I. Hovland menyatakan bahwa Pengertian Komunikasi adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan rangsangan (biasanya dengan menggunakan lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain.
  • Onong Uchjana Effendy menyatakan bahwa Pengertian Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, berpendapat, mengubah sikap atau perilaku baik secara langsung ataupun tidak langsung.
  • Colin Cherry menyatakan bahwa Pengertian Komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi merupakan kaitan hubungan yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan pembangkitan balasannya.
  • Forsdale menyatakan bahwa Pengertian Komunikasi adalah suatu proses dimana suatu sistem dibentuk, dipelihara, dan diubah dengan tujuan bahwa sinyal-sinyal yang dikirimkan dan diterima dilakukan sesuai dengan aturan.
  • Everett M. Rogers menyatakan bahwa Pengertian Komunikasi adalah proses suatu ide dialihkan dari satu sumber kepada satu atau banyak penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
  • Ruben dan Steward menyatakan bahwa Pengertian Komunikasi mengenai manusia merupakan proses yang melibatkan individu-individu dalam suatu hubungan, kelompok, organisasi dan masyarakat yang merespon dan menciptakan pesan untuk beradaptasi dengan lingkungan satu sama lain.

Sumber http://isma-ismi.com/pengertian-komunikasi.html

Kesimpulan

Komunikasi adalah suatu hal dasar yang harus manusia lakukan demi kelancaran sosialisasi sehari hari , dimana pun manusia berada pasti membutuhkan komunikasi. Terlebih lagi di era modern ini komunikasi menjadi hal yang vital , contoh nya perusahaan telphone seluler berlomba lomba meng kombinasikan komunikasi dengan teknologi yang super canggih dan membuat manusia mudah meng akses dimana pun dan kapan pun . tetapi lebih baik berkomunikasi tatap muka dibandingkan melalu telephone atau gadget .

Komunikasi tidak hanya bertatap muka,menulis pesan atau berbicara saja namun komunikasi juga digunakan untuk memahami kebutuhan orang lain agar bisa di manfaatkan untuk kepentingan manusia dengan baik.

Leave a comment